http://www.ristorantetrattoriatunnel.com – Periset dari enam institut India, termasuk IIT-Kharagpur dan IIM-Calcutta, telah mengembangkan infrastruktur komunikasi nirkabel berbiaya rendah dan cepat yang didorong oleh mobilitas manusia untuk membantu layanan manajemen bencana.

Mereka bekerja sama sejak tiga tahun terakhir untuk memungkinkan penyampaian layanan komunikasi bergerak terdesentralisasi di bawah proyek DiSARM: Analisis Situasi dan Analisis Pasca Bencana dalam situasi di mana jaringan telekomunikasi terestrial rusak atau mengalami gangguan berat.

“Dalam situasi darurat ini, pengaturan jaringan alternatif dan fleksibel menjadi sangat penting untuk memastikan koordinasi tanggap darurat dan upaya bantuan yang terus berlanjut dan efektif. Model kami bekerja pada jaringan peer-to-peer dimana manusia adalah pembawa data,” profesor IIM-Calcutta Somprakash Bandyopadhyay, yang terlibat dalam proyek tersebut, mengatakan kepada IANS.

Mobile HP

Mobile HP

Proyek Mobile HP ini didanai oleh Information Technology Research Academy (ITRA) di bawah Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi.

Menjelaskan mekanisme penggelaran DiSARM, Bandyopadhyay menyamakannya dengan sistem kapal feri dimana dari satu sisi sungai kapal induk tersebut menghubungkan informasi tersebut ke bank lain saat ia menurunkan kapal.

“Bila Anda tidak memiliki konektivitas internet jika memiliki smartphone, Anda bisa terhubung dengan wifi (melalui aplikasi) yang ada di telepon Anda. Jadi saat relawan menghubungkan data dari korban melalui telepon, maka dia Secara fisik bergerak dan menyampaikan data tersebut ke orang lain (terhubung dengan wifi dalam jarak itu) yang juga bergerak, “kata Bandyopadhyay, seorang profesor di Grup Sistem Informasi Manajemen dan Direktur Riset Kelompok Riset Informatika Sosial (SIRG) di IIM-Calcutta.

“Mereka pada gilirannya menyampaikan data tentang korban dan situasi saat mereka bergerak dan terhubung dengan wifi dengan orang lain dalam jangkauan mereka,” tambahnya.
Dia berkata: “Pola gerakan Mobile HP ini membantu untuk berkomunikasi. Bagian WiFi membantu Anda membuat jaringan peer-to-peer.”

Dalam skenario di mana smartphone tidak tersedia, router khusus ditempatkan di lokasi yang menguntungkan menjadi penghubung data Mobile HP.

“Siapa pun yang pergi ke router, memberi data ke perangkat secara elektronik, jadi tergantung mobilitas manusia,” katanya.

Aspek lain dari proyek Mobile HP ini adalah mengetuk data dari media sosial untuk diintegrasikan dengan manajemen bencana.

Lembaga mitra termasuk NIT Durgapur, Institut Ilmu Teknik dan Teknologi India, Shibpur (dahulu Universitas Teknik dan Ilmu Pengetahuan Bengal), Institut Teknologi Pertambangan (HIT) Kolkata dan Kalyani Government Engineering College (KGEC).

“Kami memiliki pengusaha yang merupakan siswa kami yang mengambil ini dan telah membentuk perusahaan dan bergerak maju sehingga mereka benar-benar dapat menggunakan real-time ini. Bagian wirausaha adalah menjual ini sebagai produk / layanan yang lengkap. Layanan atau Anda memproyeksikannya Mobile HP di daerah rawan bencana dan kemudian pergi untuk layanan ini, “tambahnya.

Sumber:

Mobile HP dengan Komunikasi Wireless akan Menghilangkan Stress